Menanam Jagung & Memanfaatkan Lahan di Balik Pohon Akasia Mangium

Haurgeulis, 22 Januari 2017

Pagi yang cerah di daerah perhutanan daerah Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat. Seketika tidak ada yang aneh dipemandangan hutan dan persawahan, Pohon Akasia Mangium menggoda dan memainkan ranting dan dedaunannya, indah sekali ENGKAU ciptakan semua ini.

Melihat dan memandang ada lahan yang sudah dibumbui oleh rerumputan yang liar dan berduri, tangan secara reflek menganyunkan sebuah pacul untuk dibersihkan lahan tersebut supaya bersih dan nyaman, setidaknya enak untuk dilihat secara pandangan mata.

Tim anak PKL secara sadar dan terbuka membantu proses pengolahan lahan di dekat Pohon Akasia Mangium, Hendro belajar memacul yang indah dengan menarikan gagang pacul ke tanah untuk di bersihkan rerumputan yang liar dan berduri dan membuat lubang penanaman untuk jagung. Savana tak hanya diam memandang HP dan duduk manis saja, setelah menyelesaikan membuat dan menyajikan sup buah Savana tertarik untuk menanam biji jagung yang di instruksikan oleh Endra. Setelah lubang tanah sudah siap barulah biji-biji siap di tanam di tanah lalu di uruk kembali dengan penuh kasih sayang (BUKAN DI INJAK-INJAK OLEH KAKI) karna bumi dan isinya juga harus di SAYANG.

Pembelajaran yang di dapat untuk penulis sendiri adalah mengopeni dan mencintai semua yang hidup di muka bumi seperti tanaman yang kita konsumsi di setiap hari-harinya. Dan untuk TIM anak PKL Hendro dan Savana semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat.